Actindo

Translate

27 August 2021

ASAP CAIR SEBAGAI PENGGUMPAL KARET BAGIAN KE 2

Asap Cair Sebagai Penggumpal Karet Lateks



Teman Kami pernah berkunjung ke Kebun Krumput PTPN IX, disana adalah salah satu prusahaan produsen Karet alam RSS (Ribbed Smoke Sheet).

Masalah yang dihadapi adalah adalah timbulnya jamur pada sheet / lembaran karet yang diakibatkan oleh jumlah dan kamar asap yang tidak memenuhi produksi. Selama ini Kebun Krumput untuk mengatasi Jamur menggunakan Formalin sebagai desinfektan. namun akibat adanya larangan penggunaan formalin pada makanan, maka mendorong harga formalin naik (mahal) dan pernah melonjak di kisaran harga 25.000 per liter. akhirnya biaya produksi meningkat. setara dengan pengurangan keuntungan.
Masalah itu ditindak lanjuti oleh CV.ACTINDO, untuk melakukan riset terhadap penggunaan asap cair pengganti formalin.
kenapa memakai asap cair..?
asap cair diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti mikroba, terutama diperoleh oleh senyawa fenol yang merupakan komponen aktiv dalam asap cair. selain itu asap cair harganya masih murah.  maka dipilihlah asap cair  sebagai alternatif pda penggumpalan karet Lateks.
Asap cair yang digunakan adalah dari Tempurung kelapa dengan konsentrasi grade 3. asap cair ini adalah hasil distilasi tingkat pertama. menggunakan produksi CV.ACTINDO MAGETAN
stelah dicoba dengan berbagai campuran diperoleh kombinasi asap cair dan asam formiat 50:50. hasil ini memiliki waktu penggumpalan yang relativ lebih cepat. seru yang dihasilkan lebih sedikit, hasil penggumpalan lebih kokoh dan menghasilkan warna sheet lembaran yang lebih ceraah setelah pengasapan.
dan yang jelas, penggunaan asap cair dapat mengurangi biaya produksi. dan keuntungan  bertambah.
(CV.ACTINDO, 2006)

No comments:

Post a Comment